TUJUAN SEKOLAH KAMI ADALAH BERTUJUAN UNTUK MENCETAK GENERASI BANGSA YANG BERKUALITAS, BERBUDI LUHUR DAN BERAKLAK TINGGI SERTA PAHAM DAN MENGERTI NILAI NILAI AGAMA KHUSUSNYA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT KELAK, DAN PADA UMUMNYA BISA MENCIPTAKAN BANGSA ATAU KEPEMIMPINAN YANG BAIK DAN BERIMAN

www.mtsddikaryabaru.blogspot.com

" Al-Hayyu (Yang Maha Hidup), Al-Qayyum (Yang Maha Tegak dan Menegakkan Segala Urusan Makhluk-Nya) "
Allah 'azza wajalla berfirman:
“Allah tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi) melainkan Dia Yang hidup kekal lagi terus mengurus (makhluk-Nya)…” (QS. Al-Baqarah: 255)
“Alif laam miim. Allah, tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi), melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya).” (QS. Ali ‘Imran:1-2)
“Dan tunduklah semua muka (dengan berendah diri) kepada Yang Hidup Kekal lagi senantiasa mengurus (makhluk-Nya). Dan sesungguhnya telah merugilah orang yang melakukan kezhaliman.” (QS. Thaahaa: 111)
Al-Hayyu dan al-Qayyum, keduanya termasuk asma’ Allah subhanahu wata'ala. Adapun (al-Hayyu al-Qayyuum) mengumpulkan keduanya sangatlah pantas, sebagaimana Allah subhanahu wata'ala telah mengumpulkan keduanya pada beberapa tempat dalam Kitab-Nya (al-Qur’an). Yang demikian itu karena keduanya mencakup semua sifat kesempurnaan. Al-Hayyu adalah Yang hidup sempurna, yang mengandung semua sifat dzatiyah bagi Allah subhanahu wata'ala, seperti ilmu, keperkasaan, kekuasaan, keinginan, kebesaran, keagungan, dan yang lainnya dari sifat-sifat dzatiyah yang suci. Al-Qayyuum, yaitu menegakkan urusan makhluk-Nya dengan sempurna dan hal itu mempunyai dua makna:
1. Dialah yang berdiri sendiri, agung sifat-Nya, dan tidak memerlukan apapun dari makhluk-Nya.
2. Menegakkan bumi, langit, dan segala makhluk yang ada di antara keduanya. Dialah yang mengadakannya dan menolongnya serta menyiapkan bagi segala sesuatu yang membuatnya (makhluk) tetap (ada di bumi), kebaikannya, dan tegaknya. Dia-lah Yang Mahakaya dari semua makhluk secara mutlak (tidak memerlukan makhluk) dan merekalah yang berhajat kepada-Nya secara mutlak. Maka al-Hayyu dan al-Qayyuum ialah Yang memiliki sifat kesempurnaan dan Dialah Yang memperbuat apa yang diinginkan-Nya.

Sumber: Syarah Asma’ul Husna, Dr, Sa’id bin ‘Ali Wahf al-Qahthani (Penerbit Pustaka Imam Asy-Syafi’i)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar